Bahaya Mie Instan

Mie instan sangat digemari masyarakat Indonesia, disebabkan harganya yang murah serta mudah dikonsumsi.
Tetapi seperti yang sudah kita ketahui, terdapat bahaya mengkonsumsi mie instan secara berlebihan. 
Semua mie instan yang beredar di pasaran mengandung bahan pengawet yang terbuat dari lilin. Efek jangka panjang bisa berupa kanker di usus besar.
Selain itu bumbu penyedap yang terdapat dalam mie instan mengandung MSG, dan  bila dikonsumsi berlebihan bisa memberikan efek buruk ke kesehatan serta mengurangi kecerdasan otak.

Berikut beberapa tips yangs bisa dilakukan untuk memakan mie instan secara aman
  • Hindari memakan mie instan setiap hari, efek jangka panjang ke kesehatan lebih mahal dibanding harga sebungkus mie instan.
  • Bila merebus mie instan, buang rebusan pertama agar pengawetnya ikut terbuang, gunakan rebusan kedua untuk kuah mie.
  • Gunakan sayuran/daging/ayam/ikan/tahu/tempe sebagai pelengkap karena mie instan tidak memiliki gizi sama sekali.
  • Bumbu penyedap yang mengandung MSG sangat berbahaya, gunakan setengah dari bumbu penyedap untuk mengurangi kadar MSG-nya
  • Hindari menggunakan minyak dalam bumbu mie instan bila perlu, karena minyak yang terdapat dalam mie instan adalah minyak jenuh yang menyebabkan timbunan lemak dan penyebab berbagai penyakit.
  • Sering mengkonsumsi makanan kurang serat akan berbahaya ke usus, serta bisa menyebabkan kegemukan dan diabetes. Makanlah buah atau sayuran setelah mengkonsumsi mie instan karena mie instan tidak mengandung serat. Serat makanan diperlukan untuk kelancaran pencernaan/BAB. 


Posted by: Dodi Rahmat
Kost Setiabudi Bandung, Updated at: 9:10 AM

No comments:

Post a Comment