Bahaya Mie Ayam

Saya dan juga seperti kebanyakan orang Indonesia sangat menyukai mie ayam. Tetapi tahukah Anda, bahwa ada bahaya yang mengintai dibalik pembuatan mie ayam yang dilakukan oleh beberapa oknum pedagang yang curang?.
Banyak pedagang mie ayam  yang cukup jujur, tetapi ada beberapa pedagang licik yang ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, dengan mengorbankan kita sebagai konsumen.
Bila kita datang ke limbah pembuangan sampah mall , kita akan menjumpai banyak orang setiap malamnya yang berkumpul disini.
Hal yang cukup mencengangkan bahwa orang-orang ini mengumpulkan sisa-sisa bahan makanan yang sudah kadaluarsa untuk dijual kembali.
Ayam-ayam yang sudah kadaluarsa akan diolah kembali untuk dijadikan bahan pembuatan mie ayam.
Dan bisa dibayangkan apa jadinya perut kita, belum lagi penyakit-penyakit lain yang bisa menggangu kesehatan tubuh.

Selain itu terdapat beberapa bahaya lain yang mengintai.

Bahaya sumpit bambu

Terbuat dari bambu tapi diputihkan dengan menggunakan sulfur dan hidrogen peroxida, tanpa adanya sterilisasi dalam pembuatan akhir sumpit.
Dari foto terlihat sisa sulfur, hidrogen peroxida, telor ulat, kotoran binatang dan akan menetap di lubang tersebut sampai kita menggunakannya.
Disarankan membawa sumpit sendiri atau alat makan dari rumah.


Bahaya saus abal-abal

Saus ini sangat kentara dan mencolok sehingga tidak susah membedakan antara saus asli dengan yang bukan.
Biasa menggunakan cabe dan buah-buahan yang sudah busuk, dicampur dengan pewarna tekstil.  Tiap saus menggunakan pemanis, dalam hal  ini digunakan pemanis buatan seperti aspartam dan sakarin.
Diawetkan dengan sodium benzoat, dan proses akhir dikemas dalam botol-botol bekas yang tidak higienis.
Bahaya mengkonsumsi saus seperi ini dalam jumlah banyak, bisa mempengaruhi saraf otak, diabetes, asma, gangguan tenggorokan dsb
Gunakan saus bemutu seperti Indofood, ABC, Sasa, Belibis, Cap Sari Alam dsb.

Perhatikan bentuk ayamnya Apakah ayam? atau Binatang lain didalamnya?


 Bisa dipastikan tidak ada daging ayam bentuknya seperti ini.











Perhatikan Mienya, Apakah menggunakan boraks atau tidak?

Mie yang terlalu kenyal bisa dipastikan menggunakan boraks(atau bleng bagi orang jawa)
Boraks merupakan pengawet mayat dan amat sangat berbahaya.

Kehalalannya

Sebagai umat muslim, babi merupakan pantangan, dan untuk menutupi bau busuk dari ayam tiren(bekas), oknum pedagang yang curang menggunakan minyak babi untuk menutupi bau busuknya.

Kesimpulan,
Perhatikan pedagang yang berjualan, memang ada sebagian pedagang yang curang tapi banyak pula yang jujur.
Untuk melihat pedagang mie ayam yang jujur atau tidak, bisa terlihat dari porsi makanan yang disajikan. Apabila terlalu murah, lebih baik dijauhi karena harga ayam jaman sekarang tidak murah.
Sentuh dan ciumlah, bila bau ayamnya aneh lebih baik ditinggalkan dan cari pedagang mie ayam yang baik.
Semuanya akan terlihat dari makanan yang disajikan bila kita sedikit jeli.


Posted by: Dodi Rahmat
Kost Setiabudi Bandung, Updated at: 9:47 AM

7 comments:

  1. Serem cuyyy makan mie ayam sekarang. Mungkin abis makan gpp. Tapi mana tau efeknya buat jangka panjang. Di Jakarta misalnya, masi aja ada yg jual mie ayam semangkok dengan topping ayamnya royal alias banyak, harganya 6000 Rupiah. Serem gak sih? Modal aja mungkin gak nutup.

    ReplyDelete
  2. Kartu Kredit Bukopin adalah Kartu Kredit dengan berbagai Program Menarik & Variatif untuk kebutuhan Anda beserta Keluarga yang tidak membedakan Tingkat Bunga Transaksi Belanja maupun Penarikan Uang Tunai.

    Untuk keperluan belanja atau kebutuhan tunai, Anda dapat mengandalkan Kartu Kredit Bukopin VISA dan MASTERCARD, Kartu ini memberikan banyak kemudahan dan sekaligus keuntungan bagi Anda.

    Tingkat Bunga yang tidak membedakan transaksi belanja maupun tarik tunai Kartu Kredit Bukopin VISA dan MASTER memberikan suku bunga yang ringan dan kompetitif.
    eward program
    Setiap transaksi belanja dengan Kartu Kredit Bukopin akan mendapat poin reward yang bisa di tukar dengan hadiah menarik.

    Executive Lounge
    Bagi pemegang Kartu Kredit Bukopin Platinum, tersedia fasilitas Airport Lounge untuk menunggu penerbangan di bandara yang bekerjasama, sehingga menjadikan perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan.

    Pembayaran Melalui E-Banking & ATM Bersama.
    Pembayaran tagihan Kartu Kredit Bukopin dapat dilakukan melalui Internet Banking, seluruh ATM Bukopin, ATM CIMB Niaga, ATM BNI, ATM BII, ATM BTN dan semua ATM Bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama di seluruh Indonesia.

    Penarikan Tunai Via ATM.
    Nikmati bunga tarik tunai yang sama besarnya dengan bunga belanja. Biaya tarik tunai terendah hanya 2% atau minimal Rp.50 ribu (mana yang lebih besar).

    Bukopin One Payment.
    Fasilitas pembayaran rutin bulanan (berlaku untuk semua kartu) untuk Telkom, Speedy, PLN, Indovision, Palyja dan Aetra serta tagihan handphone pasca bayar (Tagihan pasca bayar dari operator : Telkomsel, XL, 3, Axis, Mobile-8, Esia), Top Up Pulsa (operator : Telkomsel, XL, Indosat, 3, Axis, Mobile-8 dan Esia).

    Purchase Protection Insurance.
    Secara otomatis seluruh barang yang dibeli dengan Kartu Kredit Bukopin Platinum dilindungi dari kerusakan atau kecurian dengan nilai perlindungan maksimal sebesar Rp.30 juta per barang. Perlindungan diberikan 30 hari sejak tanggal pembelian di wilayah Indonesia atau 40 hari untuk pembelian di luar negeri.

    Travel Accident Insurance.
    Pembelian tiket penerbangan dengan Kartu Kredit Bukopin, secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan, khusus untuk Kartu Kredit Bukopin Platinum perlindungan hingga Rp.4 miliar. Perlindungan diberikan sejak perjalanan ke bandara, selama di bandara, selama di pesawat dan turun dari pesawat hingga sampai di tempat tujuan.

    Travel Inconvenience Insurance.
    Sebagai pemegang Kartu Kredit Bukopin Platinum secara otomatis Anda mendapatkan perlindungan atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, keterlambatan bagasi.

    Cicilan 0%
    Manfaatkan fasilitas Cicilan Tanpa Bunga dari merchant-merchant pilihan Bank Bukopin.

    Call Center 24 Jam.
    Untuk informasi atau anda memerlukan bantuan segera, tersedia Layanan Call Center 24 Jam untuk Anda. Hubungi Halo Bukopin 14005, officer kami siap melayani Anda 24 Jam sehari, 7 hari seminggu.

    UNTUK PENGAJUAN AREA JATENG HUB CHAIRUL VIA SMS / TELP 085229348635.
    ALAMAT KANTOR JL BULUSTALAN 4 NO 418 SEMARANG.

    ReplyDelete
  3. waduhhhhhhhhhhhhhh, mie ayam itu cintaku, tapi kok kejam begitu. yaudah selamat tinggal mi ayam, mulai sekarang kita putussssssssssss. mksh infonya ya gan.

    ReplyDelete
  4. tidak semua berbahay gan, jika di golongkan semua berbahay kasihan pedagang mie lainnya bisa ga laku, REKOMEN saya jika ingin aman jajan mie di bandung silahkan coba di mie naripan bandung, disana mienya di buat sendiri oleh para tangan berkualitas dan bertanggung jawab jika kurang percaya kunjungi websitenya www.mienaripan.co, dan bisa langsung lihat cara pembuatan bahannya di sana

    ReplyDelete
  5. BERMANFAAT artikelnya gan.
    Memang harusnya penghobi mie ayam ini perhatikan hal2 tersebut, tapi kebanyakan jarang perhatikan karena udah ketagihan sama yang namanya mie ayam...

    Semoga lebih lengkap lagi pembahasannya dengan data2 ilmiah gan...

    Salam sehat (tanpa mie curang)

    ReplyDelete